Blogger templates

Cute Custom Designs

Selasa, 26 November 2013

Persaingan Bisnis

PERSAINGAN ANTARA TRANSTV DAN RCTI

Profil TransTv
PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) merupakan perusahaan yang dimiliki oleh TRANS CORPORATION, yang juga merupakan pemilik dari TRANS 7
Memperoleh ijin siaran pada bulan Oktober 1998 setelah dinyatakan lulus dari ujian kelayakan yang dilakukan tim antar departemen pemerintah, maka sejak tanggal 15 Desember 2001, TRANS TV memulai siaran secara resmi.
 LOGO 
Logo Trans TV berbentuk berlian, yang menandakan keindahan dan keabadian. Kilauannya mereflesikan kehidupan dan adat istiadat dari berbagai pelosok daerah di Indonesia sebagai simbol pantulan kehidupan serta budaya masyarakat Indonesia. Huruf dari jenis serif, yang mencerminkan karakter abadi, klasik, namun akrab dan mudah dikenali.
VISI : 
Menjadi televisi terbaik di Indonesia maupun ASEAN, memberikan hasil usaha yang positif bagi stakeholders, menyampaikan program-program berkualitas, berperilaku berdasarkan nilai-nilai moral budaya kerja yang dapat diterima oleh stakeholders serta mitra kerja, dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan serta kecerdasan masyarakat.
 MISI :
Wadah gagasan dan aspirasi masyarakat untuk mencerdaskan serta mensejahterakan bangsa, memperkuat persatuan dan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi.

Profil RCTI
Tanggal 24 Agustus 1989 sebuah catatan penting digoreskan dalam lembaran sejarah pertelevisian Indonesia, stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI, mulai mengudara secara terrestrial di Jakarta. Menayangkan berbagai program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik. RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen perubahan dan pembaharu dalam dinamika sosial masyarakat di Indonesia.
Saat ini RCTI merupakan stasiun televisi yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia, melalui 48 stasiun relaynya program-program RCTI disaksikan oleh lebih dari 190,4 juta pemirsa yang tersebar di 478 kota di seluruh Nusantara, atau kira-kira 80,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Kondisi demografi ini disertai rancangan program-program menarik diikuti rating yang bagus, menarik minat pengiklan untuk menayangkan promo mereka di RCTI.
Sejak awal, cita-cita RCTI adalah menciptakan serangkaian acara unggulan dalam satu saluran, yang memungkinkan para pengiklan memilih RCTI sebagai media iklan-iklan mereka. Cita-cita itu menjadi nyata karena sejak berdiri hingga saat ini RCTI senantiasa menjadi market leader. Di usianya yang ke-22, tahun 2011 (periode Januari - Desember 2011) RCTI tetap mempertahankan posisi market leader dengan pangsa pemirsa mencapai 17.5% (ABC, 5+) dan 17.8% (All Demography). RCTI juga berhasil mempertahankan pangsa periklanan televisi tertinggi sebesar 15.7% (periode Januari - Nopember 2011), seperti dilaporkan oleh Nielsen Audience Measurement.
Di RCTI, kualitas bukanlah kata tanpa makna, melainkan harmonisasi dari mimpi, idealisme, kesungguhan, kerja keras, kebersamaan, dan doa. 6 (enam) aspek tersebut tercermin dan mewarnai program-program RCTI yang mengusung motto "Kebanggaan Bersama Milik Bangsa" namun tampil dalam kemasan yang "oke". Kualitas program-program RCTI pada akhirnya mengantarkan RCTI untuk selalu menjadi yang terdepan dalam industri penyiaran TV di Indonesia.

Keunggulan dan kelemahan RCTI
Analisis Keunggulan dan Kelemahan Produk PT RCTI
Keunggulan produk PT Rajawali Citra Televisi, antara lain :
  1. merupakan stasiun televisi swasta pertama yang ada di indonesia.
  2. memberikan berbagai macam program acara yang berkualitas seperti :Movie, Sinetron, Serial TV, Musik, Reality Show, Program, Anak, Berita, Infotainment, Religi, Variety Show, Game Show, Olahraga, Sitko.
  3. memberikan program acara sepak bola yang paling banyak diminati, seperti : Liga Champions, FIFA worid cup 2010, dll.
  4. memberikan penanyangan televisi yang peduli terhadap pendidikan dan mendapatkan penghargaan kepada RCTI sebagai 3 besar stasiun televisi yang peduli penayangan informasi pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2008
  5. memberikan penanyangan program dokumenter TREKING episode “BERKUNJUNG KE RUMAH NAGA” meraih penghargaan Terbaik III kategori tayangan televisi.
  6. memberikan program acara musik yang banyak diminati oleh remaja yaitu dasyat.
  7. selalu menampilkan berita yang aktual seperti seputar indonesia dan sergap.
Selain mempunyai keunggulan adapun Kelemahan dari produk PT Rajawali Citra Televisi yaitu :
  1. dalam penayangan acara olahraga selalu menampilkan pertandingan sepak bola saja, dari cabang olahraga yang lain ditayangkan hanya pada event-event tertentu.
  2. memberikan program acara movie dan sinetron yang terkadang kurang mendidik bagi generasi muda sekarang.
  3. dalam penjadwalan program acaranya terkadang kurang sesuai dengan yang permisa inginkan dan terlalu banyak iklan.
Keunggulan TransTV
1.merupakan stasiun pertama di Indonesia
2.memberikan berbagai macam berkualitas hiburan.sinetron,box office,berita,invoyaiment,investigasi,olahraga,gameshow,religi,serialTV,Talkshow,movie.
3.memberikan progran olahraga yaitu bulu tangkis
4.memberikan berita yang aktual yaitu reporter
5.memberikan acara-acara yang lebih menghibur
Kelemahan TransTV
1.dalam acara olahraga hanya memberikan acara bulu tangkis saja
2.memberikan acara yang kurang meluas
Analisis antara persaingan TransTV dn RCTI
Dalam didunia televisi banyak sekali program-program tv yang bersaing agar dapat ditonton oleh masyarakat. Dengan demikian, banyak program-program tv yang mebuat acara-acara tvnya masing-masing bisa melebihi pesaingnya tersebut contohnya RCTI dan TransTV program-progrma tv tersebut adalah program tv nomer satu diIndonesia.

Bagaimana program TransTV dapat menyaingi RCTI atau sebaliknya yaitu, harus melihat kelemahan masing-masing program dan melihat kelemahan saingannya. Seperti, RCTI memeliki kelamahan yaitu memliki acara sinetron yang kurang mendidik bagi anak-anak dan remaja, tetapi banyak para ibu-ibu yang menyukainya, maka dari itu TransTV sebagai pesaingnya membuat acara yang mendidik bagi seluruh masyarakatnya.

Sedangkan kelemahan TransTv tidak memliki acara musik,TransTv lebih mengunggulkan acara talkshow dan hiburan. Maka dari itu RCTI lebih mengunggulkan dan membuat acara Musik yang lebih baik dan tetap ditonton oleh masyarakat sehingga menjadi nilai yang positif bagi masyarakat.

Dan untuk program RCTI, banyak acara-acara yang banyak diminati masyarakat tetapi jam tayang dan iklannya yang terlalu banyak, dan TransTv dapat melihat kekurangan tersebut menjadi motivasi yaitu membuat acara yang unggul dan menaruh jam tayangnya yang tepat agar masyarakat dapat menontonya serta iklannya yang tidak terlalu banyak.

Diacara Tv pasti selalalu memiliki dan kekurangan. Maka dari itu, perusahaan harus melihat pesaingnya dari kelamahan dan kelebihannya untuk membuat suatu acara yang dimiliki kelemahan pesaing tetapi dimata masyarakat positif dan mendidik untuk masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar